Laman

Senin, 30 Agustus 2010

Empat Embung Akan Dipersiapkan

Rembang
Pemkab Rembang rencananya akan membangun empat embung berukuran besar untuk memenuhi kebutuhan air irigasi dan pasokan air baku PDAM. Ke-empat embung baru yang akan dibangun diantaranya Kaliombo di desa Kaliombo kecamatan Sulang, Gedari di desa Sanetan kecamatan Sluke, Tlogo di desa Karangasem kecamatan Bulu dan Trenggulunan di desa Trenggulunan kecamatan Pancur.
Kepala Dinas Pekerjaan Umum
 
Embung
 
(DPU) Ir Mujoko melalui Kabid Pengairan Sinarman menyebutkan, pembangunan empat embung baru tersebut menggunakan kucuran dana APBN dan APBD. Saat ini Pemkab Rembang sudah melakukan study kelayakan dan pembuatan DED (detail engineering desing) serta pembebasan lahan untuk areal embung dan akses jalan inspeksi. Rencananya, studi kelayakan dan pembuatan DED rampung tahun 2011 mendatang.
Menurutnya, pembebasan lahan untuk jalan inspeksi di embung kaliombo telah dilakukan. Sedangkan pembebasan tanah untuk lahan genangan, akan diselesaikan hingga tahun 2011 mendatang.
Sunarman menambahkan, selain empat embung baru tersebut, Pemkab Rembang kini juga menunggu pengoperasian embung Panohan di desa Panohan kecamatan Gunem. Saat ini Semua bangunan fisik sudah selesai dirampungkan dan tinggal menunggu sertifikasi dan pengisian embung. Embung Panohan nantinya akan menggenangi tak kurang dari 30,4 hektare lahan. Dengan jumlah air yang akan bisa ditampung diperkirakan mencapai 1 juta meter kubik. Untuk Irigasi di wilayah Kecamatan Gunem dan sekitarnya. (hasan)