Laman

Jumat, 15 Juli 2011

Rembang Expo Diharap Dimanfaatkan Secara Optimal

REMBANG-Even Rembang Expo, hendaknya dimanfaatkan secara maksimal sehinggam mampu menjadi wahana bagi pengusaha skala mikro, kecil, menengah dan besar, menciptakan peluang pasar regional, nasional bahkan
internasional.

Hal tersebut disampaikan Bupati Rembang, H Moch Salim saat membuka secara resmi ajang pameran dan promosi hasil UMKM RembangExpo tahun 2011 di Balai Kartini Rembang, Rabu malam (13/7).

”Seiring dengan bertambahnya infrastruktur strategis pada tahun mendatang, seperti pelabuhan umum nasional dan pelabuhan perikanan, saya prediksi pertumbuhan ekonomi di Rembang akan terus meningkat.
Karena tercipta varian usaha baru dan membuka peluang perluasan pasar
hasil industri UMKM di Rembang,” paparnya.

H Moch Salim selanjutnya berpesan kepada panitia penyelenggara, agar terus melakukan inovasi baru supaya menjadikan penyelenggaraan Rembang Expo tahun-tahun mendatang lebih menarik, mampu menaikkan transaksi dagang baik tunai atau secara order. ”Penyelenggaraan Rembang Expo berikutnya, dikemas berbeda dari sebelumnya untuk meningkatkan animo pemilik UMKM tertarik menjadi peserta ajang pameran dan promosi ini,”imbaunya.
Sedangkan Ketua Panitia Penyelenggara Rembang Expo yang juga Kepala Bidang Perdagangan Dinperindagkop dan UMKM Maryosa menyampaikan, dari ajang ini diharapkan mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi, merangsang peningkatan produk berkualitas dan menciptakan peluang investasi di Kabupaten Rembang. Penyelenggaraan Rembang Expo tahun ini diprediksi lebih meriah, karena jumlah peserta bertambah disusul produk yang dipamerkan lebih beragam. ”Tahun lalu dikuiti 183 peserta, sedangkan tahun ini bertambah menjadi 210 peserta. Dengan bertambahnya jumlah peserta diprediksi transaksi selama event dilaksanakan akan meningkat,” sebutnya.

Terobosan baru dari event Rembang Expo tahun ini tambah Maryosa yaitudi kawasan penyelenggaraan dijadikan hotspot area, sehingga bisa dilakukan transaksi secara online. Ajang pameran dan promosi ini juga bisa diakses melalui website www.pipp.rembangkab.go.id ”Salah satu terobosan baru kami selaku penye;enggara yakni mengisi pmbukaan pameran dimeriahkan dengan pesta kembang api, untuk menghibur warga,”tuturnya.

Terpisah Slamet Sujiharno Salah satu Perajin kerang Asal Desa  Karang Mencol Peserta di Stand Tirem Art Rembang expo  mengatakan  semenjak dibuka pada Rabu tanggal (13/7)hingga siang hari ini (kamis 14/7 sudah menjual sejumlah hasil karyanya dengan nilai transaksi ratusan ribu rupiah ,Slamet menambahkan Ajang rembang Expo ini tentunya sangat membantu sekali bagi para jenis perajin seperti kerajinan kerang  Tirem Art miliknya paling tidak bisa dikenal secara luas oleh para pengunjung baik dari dalam dan luar Kota ,Disinggung jenis baru kerajianan yang dipamerkan diRembang Expo Slamet mengatakan untuk  tahun ini hasil karyanya yang menjadi pusat perhatian pengunjung ialah Kapal yang terbuat dari tirem dikombinasi dengan berbagai jenis bahan laut
Sedang untuk order  pesanan dari pengunjung ia mengaku ada namun terkendala dengan tempat pengemasan/pengepakan karena kerajianan kerang dan Tirem sangat rentan dan mudah pecah Disamping itu proses pengirimannyapun Sulit”Pungkasnya (hasan)